Headlines News :
Home » , » Sejarah Berkembangnya Os Android di Dunia

Sejarah Berkembangnya Os Android di Dunia

Written By Winbear on Jumat, 20 Juli 2012 | 23.37

Sejarah Berkembangnya Os Android di Dunia - Aplikasi  operasi sistem yang di kembangkan untuk telepon selular yang berbasis linux ini oleh Sebuah perusahaan Android.Inc menyediakan aplikasi open source untuk menciptakan Aplikasi mereka sendiri buat berbagai perangkat bergerak. Saat Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang ada di Palo Alto, California Amerika Serikat.
Para pendiri Android Inc. bekerja untuk Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Waktu itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. Itu hanya sebagai perangkat lunak di telepon seluler. Namun saat bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc. Maka  saat itu muncul rumor kalau Google akan memasuki pasar telepon seluler.
Pada perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bekerja mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Jadi ini menunjukkan indikasi bahwa Google lagi bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. lalu kemudian perusahaan ini di beli oleh perusahaan raksasa google.
Untuk mengembangkan Android, maka di bentuklah Open Handset alliance, konsorsium dari 34 perusahaan pernati keras, peranti lunak dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Pada waktu perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia sekarang terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan kalau Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler. Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6.
Sejak Android diluncurkan sudah dilakukan segala pembaharuan  perbaikan bug serta penambahan fitur baru. Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada akhir tahun 2009 kira-kira ada sedikit 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android. Sampai akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010 . Itulah Sejarah Berkembangnya Os Android di Dunia semoga bermanfaat.



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ADA YANG BARU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger